Juli 29, 2014

Info : Hati2 sama phising sites!

Nih silahkan dibaca xD

I originally posted it on my facebook account :

"Jadi tadi pagi gw dapet email dari Bank mandiri, katanya gw disuruh upgrade account gw. But the funny thing is, I don't even have a bank account there, or anywhere for that matter! Ini aja klo belanja online masih nitip transfer sama bokap xD
Jadi dari awal gw buka email, gw udah yakin banget klo ini cuma salah satu trik penipuan.

Any way, itu email nya udah gw lampirin di sini. Alamat email nya juga cukup meyakinkan .__.




Di email itu, dia melampirkan file html yg klo dibuka akan menampilkan tampilan yg serupa dengan website bank mandiri. Phising Sites. Seolah-olah website resmi suatu institusi, padahal itu hanya replika dari website aslinya untuk menarik informasi terutama informasi2 yg sensitif (pin atm, dsb) (*foto tampilan file html nya juga dilampirin disini).







Di file html itu, dia ngasih 2 hyperlink. link nya klo diklik adalah sbg berikut :
http://othmanagement.com/img/colors/blue/ibm.bankmandiri.co.id//
http://othmanagement.com/images/prettyPhoto/default/bankmandiri.co.id/

Dan klo dibuka linknya, akan ada tampilan seperti attachment nomer 3, yaitu halaman buat ganti pin. Meskipun tampilannya sama, tapi perhatiin link nya, linknya bukan link bank mandiri yg asli. Klo ngisi form itu, itu sama aja ngasih tau pin atm ke penipunya .__.




Dan setelah kita ngisi form tersebut (*gw ngisi ngasal), kita langsung di-direct ke website nya bank mandiri. Jadi korban nya merasa gak sadar klo udah ditipu .__.

Biasanya klo gw nemu phising sites, gw demen banget nge-spam dengan mengirim data asal dengan form yg mereka buat.

Jadi klo yg punya atm mandiri, atau punya sanak saudara yg punya atm mandiri, tolong share lah info ini. Jangan sampe ada yg miskin mendadak gara2 phising sites ini. Dan ini gak terbatas buat bank mandiri aja, mungkin ada juga yg bikin phising sites untuk bank2 lain. Jadi mohon share post ini ya!"


Tidak ada komentar:

Posting Komentar